Friday, March 29, 2013

7 Selebritis Indonesia yang Mendadak "Bangsawan"

Fakta Selebriti: 7 Selebritis Indonesia yang Mendadak "Bangsawan".
Gelar bangsawan atau kerajaan memang seharusnya tak bisa dipermainkan. Gelar tersebut mestinya hanya diberikan pada orang-orang yang pantas mendapatkannya.
Namun sepertinya, beberapa kerajaan atau masyarakat adat punya kebijakan khusus mengenai gelar-gelar yang diberikan.

Untuk beberapa gelar, memang diberikan pada orang-orang yang punya prestasi khusus di bidangnya. Jadi tak heran jika selebriti pun ikut mendapat gelar kerajaan.
Mengharumkan nama Indonesia lewat pekerjaan mereka sebagai entertainer memang perlu diapresiasi bukan? Siapa saja selebriti yang mendapat gelar dari kerajaan atau masyarakat adat itu?
Berikut:9 Selebritis yang Mendadak "Bangsawan"

1. Nadine Chandrawinata
Puteri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata, adalah salah satu artis yang dianugerahi gelar kebangsawanan dari Keraton Surakarta. Pada 2 Maret 2006, ia menerima gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Diah Kusumaningrum.


2. Syahrini
Kraton Surakarta Hadiningrat juga memberikan gelar pada penyanyi Syahrini.
Tak tanggung-tanggung, ia mendapat gelar Kanjeng Mas Ayu, yang katanya merupakan gelar tertinggi di keraton itu.

Pemberian gelar itu berlangsung di Bangsal Kansetanan, Keraton Solo, 8 Juli. 
Upacara penganugerahan gelar itu dipimpin langsung oleh Pengageng Sasana Pustaka, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Puger.

3. Happy Salma
Dari pernikahannya dengan pangeran Ubud, Bali, Tjokorda Bagus Dwi Santana Kerthayasa, Secara otomatis Happy Salma menjadi keluarga kerajaan. Tentu saja ia dianugerahi gelar sebagai bagian keluarga kerajaan.

Jero Wanasari nama yang disematkan di antara nama Happy Salma. 
Jero, artinya dalam, bahwa ia sudah menjadi bagian dari kerajaan.
Sedangkan Wanasari artinya sari-sarinya hutan, bahwa ia dianggap wanita hutan.

4. Rossa
Pemilik nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handayani ini mendapat gelar dari Pakoe Boewono XIII Tedjowulan pada 26 Juni 2011. Gelar itu ia peroleh sebagai hadiah dari Sinuhun Tedjowulan.

Gelar yang ia dapat itu bukan karena diganti dengan uang. 
Menurut juru bicara keraton, gelar itu diberikan kepada orang yang dianggap ikut menjaga serta melestarikan budaya, atau ikut mengharumkan nama Indonesia.

Dengan gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Sri Rossa Swara Kaloka, ia mengaku akan terus menjaga nama baik keraton dan ikut menjaga budayanya.

5. Najwa Shihab
Sejumlah tokoh nasional dan artis mendapat gelar kebangsawanan dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Pemberian gelar dilangsungkan pada acara ulang tahun naik tahta ke-4 Paku Buwono XIII Sinuhun Tedjowulan, Sabtu, 3 Juli

Beberapa nama tenar di dunia entertain ikut mendapat gelar tersebut. Salah satu yang mendapatkan gelar adalah presenter TV Najwa Shihab. Ia mendapat gelar Kanjeng Mas Ayu Wartaningrum.

6. Qory Sandioriva
Selain Najwa dan Poppy, selebriti tanah air yang juga mendapat gelar dari Keraton Surakarta Hadiningrat adalah Putri Indonesia 2009, Qory Sandioriva. Pada hari yang sama, ia mendapat gelar Kanjeng Mas Ayu Qory Mustikaningrum.

7. Soraya Haque
Termasuk dalam jajaran nama sejumlah tokoh nasional dan artis yang mendapat gelar kebangsawanan dari Keraton Surakarta Hadiningrat, nama Soraya Haque pun ada dalam daftar.

Dalam momen yang sama, pemberian gelar dilangsungkan pada acara ulang tahun naik tahta ke-4 Paku Buwono XIII Sinuhun Tedjowulan, Sabtu, 3 Juli

No comments: 7 Selebritis Indonesia yang Mendadak "Bangsawan"

Popular Posts
Blog Archive